Rabu, 17 Juni 2020

STATISTIKA BISNIS

Statistika dan bisnis (tentunya pengambilan keputusan) adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Dalam bisnis, apapun bidang yang digeluti, tentu memerlukan berbagai perhitungan dan analisa dan akhirnya diperlukan untuk mengambil keputusan yang tepat dalam rangka peningkatan usaha ataupun untuk menyelesaikan berbagai permasalahan. Statistika memegang peranan yang penting dalam Bisnis, baik dalam penyusunan model, perumusan hipotesa, dalam pengembangan alat dan instrumen pengumpulan data, dalam penyusunan desain penelitian, dalam penentuan sampel dan dalam analisa data. Dalam banyak hal, pengolahan dan analisa data tidak luput dari penerapan teknik dan metode statistik tertentu, yang mana kehadirannya dapat memberikan dasar bertolak dalam menjelaskan hubungan-hubungan yang terjadi. Statistik dapat digunakan sebagai alat untuk mengetahui apakah hubungan kausalitas (sebab-akibat) antara dua atau lebih dari dua variabel benar-benar terkait secara benar dalam suatu kausalitas empiris (berdasarkan pengalaman) ataukah hubungan tersebut hanya bersifat random (acak) atau kebetulan saja.
Statistika menyediakan teknik-teknik sederhana dalam mengklasifikasikan data serta dalam menyajikan data, sehingga data tersebut dapat lebih mudah dipahami. Statistika membantu pengambil keputusan dan peneliti dalam menyimpulkan apakah suatu perbedaan yang diperoleh benar-benar berbeda secara signifikan (nyata). Apakah kesimpulan yang diambil cukup representatif (dapat mewakili) untuk memberikan inferensi (yang disimpulkan) terhadap populasi tertentu. Teknik-teknik statistika juga dapat digunakan dalam pengujian hipotesa, mengingat tujuan penelitian pada umumnya adalah untuk menguji hipotesa-hipotesa yang telah dirumuskan, maka statistika membantuk manajer atau peneliti dalam mengambil keputusan untuk menerima atau menolak suatu hipotesa.
Rencana perkuliahan dan materi untuk Statistik Bisnis 1 tersusun sebagai berikut:
1.INTRODUCTION/ GENERAL OVERVIEW STATISTIK DAN STATISTIKA
2.PENYAJIAN DATA
3.DAFTAR DISTRIBUSI FREKWENSI
4.UKURAN GEJALA PUSAT DAN UKURAN LETAK
5.ANALISIS DERET BERKALA
6.ANALISIS REGRESI DAN KORELASI

Referensi :

1 komentar:

STATISTIKA BISNIS

Statistika dan bisnis (tentunya pengambilan keputusan) adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Dalam bisnis, apapun bidang yang digeluti...